Beranda | Artikel
Rebutan Akhirat, Mengalah Masalah Dunia
Rabu, 18 Desember 2013

Dalam masalah akhirat, islam mengajarkan kepada kita agar berusaha rebutan dalam mendapatkannya. Meskipun itu dilakukan melalui cara undian.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِي النِّدَاءِ وَالصَّفِّ الأَوَّلِ، ثُمَّ لَمْ يَجِدُوا إِلَّا أَنْ يَسْتَهِمُوا عَلَيْهِ لاَسْتَهَمُوا، وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِي التَّهْجِيرِ لاَسْتَبَقُوا إِلَيْهِ

Andaikan orang tahu pahala adzan dan shaf pertama, sementara mereka tidak bisa mendapatkannya kecuali harus berundi, tentu mereka akan rela untuk melakukan undian. Andaikan mereka tahu pahala datang awal ketika shalat jamaah, tentu mereka akan berlomba dalam melakukannya. (HR. Bukhari 615 dan Muslim 437)

Sementara dalam masalah dunia, islam memotivasi agar saling mengalah. Allah memuji orang Anshar yang mempersilahkan tamunya untuk makan seluruh jatah makanannya, sementara mereka sendiri rela menahan lapar.

وَالَّذِينَ تَبَوَّءُوا الدَّارَ وَالْإِيمَانَ مِنْ قَبْلِهِمْ يُحِبُّونَ مَنْ هَاجَرَ إِلَيْهِمْ وَلَا يَجِدُونَ فِي صُدُورِهِمْ حَاجَةً مِمَّا أُوتُوا وَيُؤْثِرُونَ عَلَى أَنْفُسِهِمْ وَلَوْ كَانَ بِهِمْ خَصَاصَةٌ وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Dan orang-orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (yaitu kaum Anshor) sebelum kedatangan Muhajirin, mereka (Anshor) mencintai orang yang berhijrah kepada mereka (Muhajirin). dan mereka (Anshor) tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (Muhajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang muhajirin), atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka dalam kesusahan. dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka Itulah orang orang yang beruntung. (QS. Al-Hasyr: 9)

Di tempat kita, orang rebutan untuk menghindari shaf pertama, dan memilih mempersilahkan orang lain untuk menempatinya. Sementara dalam masalah dunia, mereka berusaha rebutan, bahkan rela untuk korban nyawa demi dunia.


Artikel asli: https://nasehat.net/rebutan-akhirat-mengalah-masalah-dunia/